Laman

Cara Menggosok Gigi Yang Benar



Kita sering mendengar ungkapan bahwa sakit gigi lebih sakit dari sakit hati, menurut Saya memang benar ungkapan seperti itu, Saya pernah mengalami sakit gigi dan juga sakit hati, bila di bandingkan antara kedua-duanya mendingan sakit hati dari pada sakit gigi. Sebelum sakit gigi itu kita rasakan sebaiknya kita menjaga supaya jangan sampai kita merasakan sakit gigi atau sakit gigi yang kedua kalinya.
 Kita cegah sakit gigi dengan cara menggosok gigi yang benar. Gosok gigi Anda dengan benar setidaknya 2 menit minimal 2 kali sehari, dan waktu menggosok gigi yang penting itu pada waktu malam hari sebelum tidur dan sesudah makan.

Cara menggosok gigi yang benar sebagai berikut:

* Oleskan pasta gigi yang sesuai dengan kondisi kesehatan mulut Anda pada sikat gigi. 

* Sikat gigi dan gusi dengan posisi kepala sikat membentuk sudut 45 derajat di daerah perbatasan antara gigi dengan gusi.

* Gosoklah seluruh permukaan gigi yang menghadap ke pipi dan lidah. Pastikan seluruh permukaan telah tergosok. Untuk gigi atas gerakan sikat dari atas ke bawah dan sebaliknya untuk gigi bawah gerakan sikat dari bawah ke atas.

* Gosok semua bagian permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah. Gunakan hanya ujung bulu sikat gigi untuk membersihkan gigi dengan tekanan ringan sehingga bulu sikat tidak membengkok. Biarkan bulu sikat membersihkan celah-celah gigi. ubah posisi sikat gigi sesering mungkin.

* Jangan lupakan pula membersihkan lidah Anda. Bagian dalam pipi dan langit-langit mulut, serta bagian bawah lidah juga perlu untuk dibersihkan. Jika Anda rutin membersihkan daerah-daerah ini, bau mulut yang tidak sedap akan berkurang lebih dari 80%.

Demikian cara menggosok gigi yang baik dan benar semoga bermanfaat untuk kita semua, pastikan selalu menggosok gigi agar kesehatan gigi dan gusi kita terjaga sampai tua nanti.