Halaman

Bagaimana Tips Memilih Sikat Gigi Yang Baik

Sikat Gigi adalah salah satu alat yang dipergunakan untuk membersihkan gigi dan mulut. Dengan menyikat gigi maka Food Debris dan Dental Plak maupun kotoran dan sisa makanan yang menempel pada gigi dapat dibersihkan sehingga jika gigi terjaga kebersihannya maka akan meminimalisir terjadinya kerusakan gigi.


Bagaimana tips memilih sikat gigi yang baik adalah sebagai berikut :
  1. Terasa nyaman jika digunakan, yaitu ukuran sikat gigi yang pas ukurannya serta bulu sikat yang tidak terlalu keras.
  2. Sikat gigi mudah digunakan, yaitu mudah dipergunakan untuk membersihkan semua permuakaan gigi baik atas maupun bawah, baik depan maupun belakang dan bagian-bagian dalam yang sulit dibersihkan.
  3. Sikat gigi mudah dibersihkan dan mudah kering, sikat gigi setelah digunakan pastinya akan dicuci, dengan mudah dibersihkan dan cepat kering maka kemungkinan terkena jamur akibat lembab bisa berkurang.
  4. Ujung sikat gigi berbentuk bulat, hal ini agar ujung sikat gigi tidak mudah melukai bagian-bagian rongga mulut, misalnya gusi tidak mudah terluka jika tersodok oleh ujung sikat gigi.

Lebih jelasnya tentang ciri dan bentuk sikat gigi yang baik adalah sebagai berikut :
  1. Tangkai Sikat Gigi, yaitu mudah dan enak dipegang, tidak licin dan stabil, tangkai cukup lebar dan tebal.
  2. Kepala Sikat Gigi, yaitu jangan terlalu besar dan sesuaikan dengan penggunanya. Jika penggunanya anak-anak maka 15 - 24 mm X 8 mm, jika penggunanya balita maka 18 mm X 7 mm, jika penggunanya orang dewasa maka 25 - 29 mm X 10 mm.
  3. Bulu Sikat Gigi, yaitu tidak terlalu lunak dan tidak terlalu keras. Bulu sikat gigi yang terlalu lunak tidak akan dapat membersihkan Dental Plak secara efektif, sedangkan jika bulu sikat gigi terlalu keras maka akan mudah membuat gusi terbuka dan melorot apalagi jika disertai gerakan menyikat gigi dengan tekanan yang keras. Oleh karena itu pilihlah bulu sikat gigi dengan kelembutan medium.

Demikianlah Bagaimana Tips Memilih Sikat Gigi Yang Baik, semoga bermanfaat.

sumber: prasko17.blogspot.co.id