Halaman

Cara Menggosok Gigi Yang Menyenangkan Bagi Anak



Sebagai bayi yang baru lahir, lidah bayi kami harus dibersihkan dengan kain kasa. Ketika gigi pertamanya keluar, dianjurkan untuk mulai belajar cara menggosok giginya. Orang tua adalah orang-orang yang harus menyikat gigi anak mereka sampai mereka cukup mampu untuk menanganinya sendiri.

Ketika anak Anda mencapai tahun kedua, semuanya berubah, termasuk sikap terhadap menyikat. Ini bisa menjadi perjuangan di awal. Sebagai orangtua, Anda harus bersabar dalam menangani situasi seperti ini. Anda perlu belajar proses tentang bagaimana membuat momen menyikat gigi yang menyenangkan untuk anak Anda.

Langkah pertama adalah menemukan sikat gigi yang tepat. Anda dapat menemukan berbagai jenis sikat gigi di pasar saat ini. Yang paling populer dengan anak-anak adalah sikat gigi yang memiliki karakter kartun di atasnya. Anak Anda juga akan menyukai sikat gigi yang berwarna-warni. Biarkan anak Anda memilih sikat sendiri yang sesuai dengan minatnya. Ini akan membuat dia bersemangat untuk menyikat gigi mereka. Beberapa toko memiliki sikat gigi yang disebut buterfly. Ini adalah sikat gigi yang memiliki tombol di bagian bawah yang mengaktifkan lampu berkedip. Lampu akan berkedip dan akan berfungsi sebagai timer dalam menyikat. Ketika lampu berhenti berkedip maka waktu menyikat berakhir. Dalam kasus saya, saya pribadi bisa merekomendasikan sikat gigi bahwa anak saya telah menggunakan sejak ia mulai menyikat gigi susu nya. sikat gigi memiliki lembut, pegangan ergonomis, dirancang khusus agar sesuai di tangan kecil anak Anda. Ini memiliki filamen dengan ujung bulat yang membersihkan efektif tanpa merusak enamel. Kepala sikat memiliki sudut bulat untuk mencegah iritasi gusi. Ketika saya membawa anak saya untuk memilih warna yang dia inginkan, dia memilih merah muda di atas biru muda.

Langkah berikutnya adalah menemukan pasta gigi yang tepat. Memilih pasta gigi juga penting terutama untuk anak-anak. Sebagian besar anak-anak belum tahu bagaimana meludahkan pasta gigi itu sebabnya Anda perlu satu yang bebas fluoride. Ketika Anda membawa anak Anda dalam membeli pasta gigi untuknya, katakan padanya semua rasa yang tersedia dan biarkan dia memilih apa yang dia suka. 

Waktu percobaan biasanya pertarungan antara orangtua dan anak. Selalu ingat bahwa kita harus menjadi panutan bagi anak-anak muda kita. Biarkan anak Anda melihat Anda menyikat gigi Anda sendiri. Jelaskan setiap langkah yang Anda lakukan dan menunjukkan pada anak Anda bagaimana untuk menyikat gigi. Gunakan nada yang menarik dan gerakan besar dalam menjelaskan. Pastikan bahwa Anda melakukan apapun yang Anda ingin anak Anda untuk melakukan. Anak-anak suka meniru semua yang kita lakukan. 
Jangan lupa untuk menyikat bagian belakang dan lidah juga. Setelah menyikat gigi, mendorong anak Anda untuk mencoba menjadi seperti 'ibu' atau 'ayah'. Membantu mereka dalam menempatkan pasta gigi mereka sendiri pada sikat mereka dan membiarkan mereka menyikat gigi mereka sendiri. Bersabarlah dengan anak Anda. Ini tidak akan menjadi sempurna pada percobaan pertama. Anak-anak yang waktu pertama hanya mengisap sikat. Hal ini normal dan mungkin akan terjadi cukup sedikit. Bersikaplah konsisten dan sikat gigi secara teratur dengan dia.

demikian lah cara menggosok gigi yang menyenangkan bagi anak, semoga bisa di terapkan pada anak-anak anda, sehingga kesehatan gigi terjaga sampai ia dewasa nanti.