Halaman

Penyebab Bibir Pecah-Pecah



Mengalami bibir pecah-pecah adalah suatu penderitaan yang terlalu umum bagi kebanyakan orang. Ini membuat kita sakit, cemas, dan frustrasi. Dan pada waktu terkena bibir pecah-pecah masalah terus-menerus muncul menghantui kita seperti perih, gk nafsu makan dan sejenisnya untuk waktu yang lama. Yang jadi pertanyaan besar adalah, apa yang menyebabkan bibir pecah-pecah?

1. Dehidrasi. Ini sebagai kejutan untuk mengetahui bahwa sebagian besar orang sering dehidrasi. Ini bisa dari apa saja termasuk kopi, alkohol, merokok, minum minuman berkadar gula tinggi, obat-obatan tertentu, atau sekedar tidak minum cukup air. Apa pun yang menguras air dari sistem anda juga akan mengeluarkan keringat, dan akibatnya, bibir Anda.


2. Kekurangan Vitamin. Ibu selalu mengatakan untuk memakan makanan yang bervitamin tinggi. Nah, ini adalah salah satu alasan mengapa! Tubuh perlu memiliki jumlah rutin vitamin dan mineral agar dapat berfungsi dengan cara yang seharusnya. Jika diet Anda secara berlebihan, maka bisa menjadi bagian besar dari mengapa Anda memiliki bibir pecah-pecah.

3. Cuaca. Yang satu ini tidak mengejutkan bagi kebanyakan dari kita. Selama bulan-bulan musim dingin kering, bibir pecah-pecah sangat sering mengalami. Bahkan di waktu musim panas dan ketika tidak adanya kelembaban, kering dan juga kering bibir kita. Hal ini sangat penting maka untuk mengetahui bibir kita  peka terhadap jenis cuaca apa, sehingga kita dapat melindungi bibir kita secara tepat.

4. Chap Sticks. Tampaknya bertentangan, tapi tidak. Apakah Anda pernah berhenti untuk bertanya-tanya mengapa bibir pecah-pecah Anda tidak pernah terlihat ketika Anda menggunakan merek chapsticks? Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa sebagian besar produk tersebut mengandung bahan-bahan yang benar-benar merusak bibir, membuat Anda ingin menggunakan produk mereka! Kedengarannya lucu, tapi itu benar. Hati-hati chapsticks yang mengandung fenol, mentol, kamper, dan minyak bumi.

5. Menjilati bibir. Rasanya hampir menjadi kebiasaan untuk menjilat bibir ketika bibir sedang kering dan pecah-pecah, tapi itu sebenarnya bagian dari alasan mengapa bibir pecah-pecah. Air liur menguap dengan cepat, sehingga pengeringan bibir Anda lebih cepat. Lebih buruk lagi, air liur mengandung enzim pencernaan di dalamnya, yang akan memecah kulit pada bibir  anda. Jika Anda tidak ingin mengalami bibir pecah-pecah lebih cepat, hindari kebiasaan ini!

Bibir pecah-pecah kronis adalah salah satu malapetaka yang paling umum, di antara orang-orang yang sering mengabaikanya. Selalu menjaga kesehatan ingat “lebih baik mencegah dari pada mengobati”.